26 June 2010

Setahun Kepergian Michael Jackson


LOS ANGELES Julia Thomas berdiri khidmat di depan Forest Lawn Cemetery, Los Angeles, kemarin (25/6). Matanya berkaca-kaca dan tangannya memegang notes bertulisan Thriller. Dia tak sendiri. Bersamanya, ada sekitar dua lusin fans yang berdiri di areal pemakaman tempat Michael Jackson dikebumikan. Lilin, rangkaian bunga, dan foto sang megabintang sudah bertebaran di areal tersebut.

Thomas memang patut bersedih. Sebab, kemarin adalah setahun persis kematian sang Raja Pop tersebut. ’’Michael selalu menjadi bagian hidupku,’’ kata perempuan 40 tahun yang mempunyai tato sang legenda yang berdansa di lengan kirinya tersebut. ’’Saya ingin memeluk semua fans Michael dari mana pun untuk bersedih bersama,’’ imbuhnya yang dikutip dari Reuters.


Areal pemakaman tersebut juga didatangi fans dari luar negeri. Di antaranya, Evdokia Sofianou, 40. Dia membawa putrinya yang masih berusia 9 tahun, Rebecca, jauh-jauh dari Athena, Yunani. ’’Kami datang ke sini hanya berkabung untuk Michael,’’ tuturnya sedih. Namun, dia dan banyak fans lain tak bisa terlalu mendekat pintu masuk karena polisi sudah memasang barikade.

Pengamanan ketat itu dilakukan karena sebagian keluarga Jackson melakukan penghormatan resmi di kuburan King of Pop itu. Hal tersebut diumumkan adik Jackson, Randy. ’’Keluarga kami mengadakan acara perkabungan resmi di areal pemakaman. Saya mengucapkan terima kasih kepada fans dan teman-teman atas cinta, doa, dan dukungan yang terus mengalir kepada mendiang saudara kami,’’ tuturnya.

Sementara itu, sebagian keluarga lain akan mengadakan acara perkabungan di Gary, Indiana. Tempat tersebut adalah kota lahir dan besarnya bintang yang akrab dipanggil Jacko tersebut. Rencananya, yang hadir dalam perkabungan resmi di rumah keluarga Jacko adalah Katherine Jackson (ibunda Jacko), ketiga anaknya, dan Genevieve Jackson, keponakan Jacko.

Di bagian lain, tiga anak Jacko, Prince Michael, 13; Paris, 12; dan Prince Michael II, 8, terlihat berlibur di Hawaii sehari sebelum peringatan kematian sang ayah. Dikutip dari Daily Mail, ekspresi Prince Michael dan Prince Michael II sama dengan bocah-bocah lain di seluruh dunia ketika liburan di pantai. Bersuka ria dan berselancar. Hari ini mereka diperkirakan sudah tiba di Indiana setelah liburan.

Peringatan setahun kematian Jacko itu dilakukan di berbagai negara. Beberapa di antaranya bahkan dihelat sebelum Jumat. Di London, sebuah memorial yang menjadi tempat calon konser Jacko dibuka untuk umum. Di Hongkong, ribuan peniru Jacko menyanyi dan meniru gerak pemilik moonwalk itu. (c7/jpnn)radarjogja