16 May 2010

'Robin Hood' Tandai Perhelatan Cannes 2010





CANNES, PERANCIS — Film Robin Hood yang dibintangi aktor Russel Crowe dan Cate Blanchett serta disutradarai oleh Ridley Scott akan menandai dihajatnya perhelatan Festival Film Cannes ke-63 pada 12-23 Mei 2010.

Crowe, bintang asal Australia yang meraih ketenaran lewat film Gladiator, tampil sebagai lakon utama. Ia menjadi Robin Hood mengikuti jejak beberapa bintang Hollywood yang pernah memerankan tokoh legendaris itu, seperti Errol Flynn, Douglas Fairbanks, Sean Connery, dan Kevin Costner.

Film yang diperkirakan menghabiskan biaya produksi sebesar 130 juta dollar AS itu diadaptasi dari legenda rakyat Inggris tentang si pencuri yang dianggap sebagai pahlawan pada abad ke-13 di Inggris. Robin Hood yang memiliki kemampuan memanah kerap menjarah harta dari orang-orang kaya dan kemudian membagikannya kepada rakyat jelata.

Kisah ini begitu melegenda dan tak henti-hentinya disajikan dalam berbagai bentuk pertunjukan, mulai dari pementasan drama, serial televisi, hingga layar lebar.

Di ajang Cannes, film yang juga melibatkan sinematografer John Mathieson, nomine Oscar untuk Gladiator, tak masuk dalam film yang dilombakan.

Tahun ini, penjurian Cannes dipercayakan kepada Tim Burton sebagai ketua. Anggotanya terdiri dari Alberto Barbera, Kate Beckinsale, Emmanuel Carrere,  Benicio Del Toro, Alexandre Desplat, Victor Erice, Shekhar Kapur, dan Giovanna Mezzogiorno. (EH)

http://entertainment.kompas.com/