06 July 2010

Google: Jejaring Sosial Bukan Hanya Facebook


INILAH.COM - Jakarta - Google menilai masih ada tempat bagi jejaring sosial selain Facebook. Google mengatakan hal itu saat menjelaskan rumor sedang mengembangkan layanan baru, Google Me.

Seperti dikutip dari Telegraph Matt Brittin, kepala Eksekutif Google Inggris tidak membenarkan Google sedang mengerjakan proyek bernama ‘Googe Me’ untuk menyaingi Facebook.

Tapi dia berargumentasi bahwa pasar global masih sangat besar untuk lebih dari satu jejaring sosial. “Facebook memang fenomena absolut, namun masih ada jejaring sosial yang juga sukses. Kita memiliki Orkut yang sukses dengan fantastis di India dan Brazil. Ada Bebo yang juga sukses di beberapa negara,” ujar Brittin.

“Ini adalah fenomena yang tetap ada di kita. Saya pikir kita akan melihat internet menjadi sesuatu yang lebih dari tempat sosial, sama seperti seseorang akan menjadi individu sosial tanpa konteks jejaring sosial,” tambahnya lagi.


Kevin Rose, pendiri Digg memulai rumor Google Me pada akhir bulan lalu, dengan menulis Tweet, “Ok, rumor besar: Google akan meluncurkan pesaing Facebook segera: Google Me, dari sumber yang sangat terpercaya”.

Pengamat teknologi terus berspekulasi bagaimana jejaring sosial baru milik Google ini akan bekerja.

Awal tahun ini, Google meluncurkan Buzz, jejaring sosial yang berbeda. Layanan ini juga telah menonaktifkan satu fitur kontorversial di mana memungkinkan pengguna menemukan teman yang saling terkait berdasarkan email yang paling banyak muncul dalam kontak pada Gmail, setelah banyak keluhan pengguna soal privasi.

Fitur Buzz telah banyak dikritik. Banyak orang yang tidak ingin berhubungan dengan seseorang yang sering mereka hubungi saat berkirim email.

http://www.inilah.com/