09 March 2010

"The Hurt Locker" Sisihkan "Avatar"

Kilatan blitz dan parade busana para aktor dan aktris papan atas dunia menjadi pembuka ajang paling bergengsi insan perfilman Hollywood, yakni penganugerahan Oscar ke-82 di Kodak Theater, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (7/3) malam waktu setempat. Aktor Christoph Waltz merebut Piala Oscar sebagai pemeran pembantu terbaik dalam film Inglorius Basterds. Sedangkan aktris pemeran pembantu terbaik dimenangkan pada Mo Nique lewat perannya sebagai ibu penyiksa anak di film Precious.

Film animasi UP produksi Walt Disney juga merebut Oscar untuk kategori animasi sekaligus meraih kategori musik terbaik. Sementara film The Hurt Locker bersaing ketat dengan Avatar dalam nominasi film terbaik. Berbeda dengan ajang Oscar sebelumnya, untuk pertama kalinya nominasi film terbaik berjumlah sepuluh film.

Kabar terkini, film besutan sutradara Kathryn Bigelow itu akhirnya berhasil meraih Film Terbaik tahun ini. Berarti, The Hurt Locker sukses menyisihkan Avatar, garapan James Cameron yang notabene mantan suami Kathryn Bigelow.

Hingga berita ini ditulis, The Hurt Locker baru meraih tiga penghargaan lewat skenario asli terbaik, editing suara dan mixing terbaik. Sedangkan Avatar juga menyabet tiga kategori, yakni penyutradaraan terbaik, sinematografi dan visual efek terbaik. Adapun nominasi film terbaik lain yang masih menanti penghargaan adalah An Education. Sebuah film yang bercerita tentang gadis pinggiran yang ingin meraih mimpi ke kota.(IDS/ANS)
sumber : www.liputan6.com