20 January 2010

Avatar Film Terbaik Golden Globes


Pendapatan terus dekati Titanic

Sisi kemanusiaan yang manis di padu teknik penggarapan detail mengantarkan Avatar sebagai jawara ajang Golden Globes ke-67. Film garapan James Cameron itu di nobatkan sebagai film terbaik kategori drama pada perhelatan yang berlangsung di Beverly Hilton Hotel. Kemenangan itu seolah menjadi sinyal bahwa kisah tentang invasi manusia ke Planet Pandora tersebut bakal sukses dalam perebutan Oscar Maret mendatang.

“Ini adalah pekerjaan terbaikdi dunia,” kata Cameron setelah Avatar disebut sebagai film terbaik seperti di lansir Reuters. ”Yang kami lakukan adalah membuat dunia hiburan memiliki pemirsa global,” tambahnya.

Film komedi The Hangover juga meraih sukses serupa. Film tentang pesta bujang itu dianugerahi sebagai film komedi/musikal terbaik. Berbeda dengan Oscar, Globes memang membagi menjadi dua, yakni drama dan komedi/musikal.

Sementara itu, kategori aktor drama terbaik disabet Jeff Bridges lewat film Crazy Heart. Tak banyak kejutan yang terjadi dalam  acara itu. Untuk aktris drama terbaik diraih Sandra Bullock dalam aktingnya di The Blind Side. Keberhasilan tersebut sudah diperkirakan sebelumnya, apalagi dua hari sebelumnya Sandra Bullock mendapat penghargaan yang sama dari Critic`s Choice Award. Piala aktris terbaik kategori komedi/musikal diberikan kepada Meryl Streep atas permainannya dalam Julie & Julia.

Tapin pemenang sesunguhnya malam itu adalah Avatar. Selain menjadi pemenang film drama terbaik, Avatar juga membuat Cameron dinobatkan sebagai sutradara terbaik. Ini adalah kebahagiaan tersendiri bagi Cameron, yang selama sepuluh tahun terakhir, hanya membuat dua film saja, yakni Titanic dan Avatar.

“Avatar membuat kita melihat bahwa segalanya terhubung, Semua umat manusia terikat satu sama lain, begitu juga manusia dengan bumi. Dan jika Anda harus pergi di tempat lain yang berbeda empat setengah tahun cahaya itu membuat planet lain seperti keajaiban bagi kitayang ada di sini, itulah keajaiban,” kata Cameron.

Untuk membawa pulang piala tersebut Cameron harus mengalahkan Clint Eastwood (Invictus), Jason Reitmen (Up in The Air), Quentin Tarantino (Inglorius Basterds), serta Kathryn Bigelow (The Hurt Locker). Nama terakhir itu mantan istri Cameron. Mereka menikah pada 1989 sampai 1991.

Yang lebih membanggakan, Avatar tidak hanya sukses di festival, tapi juga di sisi finansial. Di kutip dari Assosiated Press, kini di seluruh dunia, Avatar telah mencatat diri menjadi nomor dua daftar film terlaris sepanjang masa dengan perolehan USD 1,6 miliar (Rp 14,7 triliun). Kurang sedikit lagi bakal menumbangkan film terlaris sepanjang masa yang selama 12 tahun ini rekornya di pegang Titanic, dengan pendapatan USD 1,8 miliar (Rp 16 triliun). Hal itu bukan tak mungkin terjadi mengingat Avatar masih diputar hingga saat ini.

Untuk pasaran domestik di AS dan Kanada, perolehan selama lima minggu berturut-turut memuncaki box office, membuat Avatar punya kans besar menumbangkan pemasukan Titanic dan Dark Knight. Saat ini, rekor film pendapatan terbanyak domestik dipegang Titanic dengan USD 600 juta (sekitar Rp 5,5 triliun) dan Dark Knight USD 553,3 juta (sekitar 4,9 triliun). Avatar sendiri kini telah mencatat USD 500 juta (Rp 4,6 Triliun).

Twentieth Century Fox pun memuji setinggi langit Cameron. “ Seorang sutradara yang hanya membuat dua film dalam sepuluh tahun, dan dua-duanya langsung menjadi film terlaris sepanjang masa. Ini adalah hal yang luar biasa,“ kata kepala distribusi Fox, Chris Aronson.

Golden Globes yang ditayangkan oleh NBC itu dipersembahkan oleh Hollywood Foreign Press Association, Sebuah group beranggotakan sekitar 90 reporter yang menulis tentang bisnis hiburan untuk pasar internasional. Acara malam itu diwarnai dengan hujan dan juga solidaritas sejumlah bintang untuk korban gempa bumi Haiti.[jpnn]