07 July 2010

FKY 2010 Hari Ini Resmi Ditutup


JOGJA - Setelah satu bulan digelar sejak tanggal 7 Juni 2010 lalu, hari Rabu (7/7) ini FKY XXII tahun 2010 akan resmi ditutup. Berbagai kegiatan seni telah berlangsung, mulai dari pasar seni, pameran seni hingga panggung seni yang bertempat di area Benteng Vredeburg Yogyakarta.

"Setiap harinya FKY XXII selalu berupaya menampilkan beragam kesenian berbeda, mulai dari seni tradisi hingga modern atau perpaduan keduanya. Hal ini tentu untuk menunjukan bahwa Yogyakarta memang istimewa dengan berbagai kesenian yang dimiliki dan terus dikembangkan," ujar Humas FKY XXII, Ryan Budi Nuryanto di Benteng Vredeburg, Rabu (7/7)

Ryan mengatakan berbagai komunitas seni pun dilibatkan, sekitar 3000 seniman dan 80 komunitas seni ikut serta. FKY juga membuka jalinan silahtuhami dengan negara lain dalam ranah seni, salah satunya dengan hadirnya grup teater dari Minneapolis, Amerika Serikat yaitu Open Eye Theatre.


"Seni tentu tidak menutup mata, demikian juga acara penutupan FKY tahun ini akan dimeriahkan pementasan teater oleh Michael Sommer dan Susan Haas dari AMerika Serikat. Kemudian pada malam harinya akan ada parade dalang wanita," katanya

Lebih lanjut Ryan mengatakan Michael dan Susan akan mementasan teater dengan tajuk "Tiga Perkara Kecil" atau Three Small Things. Pementasan tersebut menceritakan tentang "waktu" yang membangun dialog intim dengan mengetengahkan masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Dalam pementasanan, kedua pemain akan diiringi permainan akordion, nyanyian kata-kata dan visual abstrak. Mereka juga akan tampil dengan menggunakan koper kecil serta wayang dan boneka.

Sebagai penutup perhelatan FKY XXII, pada malam hari nanti akan tampil dua dalang wanita yaitu Shinta dan Ganesworo yang akan mementaskan lakon "Aji Norontoko" dan "Drupadi".(Fir)

http://www.krjogja.com/