14 January 2010

Spiderman 4 tanpa Maguire dan Raimi

Bisa jadi, ini kabar sedih bagi para  pecinta film Spiderman. Sebab, aktor utama pemeran Peter Parker, Tobey  Maguire, dan sutradara Sam Raimi dipastikan tak terlibat lagi dalam pembuatan film keempat manusia laba-laba itu. Rencana rilis film itu pun di tunda dari Mei 2011 menjadi musim panas 2012.

Sony Pictures dan Marvel Studios secara resmi mengumumkan, bahwa Spiderman 4 di buat dengan sutradara dan aktor baru. Alih-alih sekuel pihak studio ingin membuat versi prekuel. Yakni, berdasar script James Vanderbilt. Ceritanya memfokuskan kehidupan Peter Parker semasa SMA. Detail kisah bakal di sampaikan Sony Pictures.

Kabar tersebut termasuk mengejutkan. Sebelumnya tidak ada tanda-tanda jika Maguire akan mengucapkan sayonara pada film yang di bintanginya bersama aktris Kirsten Dunst tersebut. Malah, pekan lalu Maguire mengucapkan optimismenya. “Semua masih berjalan sesuai rencana   dan film itu akan tetap di rilis pada Mei 2011,” tuturnya.

Bahkan Maguire mengatakan, di film terbaru itu bakal ada evolusi karakter Spiderman. Namun, semua ternyata berubah dengan cepat. Maguire dan Raimi memutuskan mundur. “Apapun yang terjadi, saya sangat bangga dengan keterlibatan dalam tiga film Spiderman  selama sepuluh tahun ini,” kata aktor berusia 34 tahun tersebut seperti dikutip Associated Press. Di  atas segalanya, tim telah menjalin persahabatan yang kental. Itu yang terpenting. Saya sangat tak sabar menantikan film terbaru Spiderman itu,” ucapnya.

Menilik komentar Maguire, tampaknya semua pihak telah berdamai. Kendati tak disebutkan penyebabnya, banyak pihak yang menduga itu disebabkan oleh buntunya negosiasi soal siapa karakter penjahat dalam Spiderman 4. Raimi menginginkan The Vulture, sementara pihak studio bersikeras memasang karakter perampok romantis Black Cat.

Ucapan bernada damai juga datang dari Raimi. “Menyutradarai tiga film Spiderman adalah pengalaman berharga dalam hidup saya. Ketika berusaha mengerjakan film keempat, pihak studio tampaknya punya arah lain dalam pengembangan cerita. Saya yakin, mereka akan membuat film dengan baik.”

Tiga film Spiderman yang di besut Raimi tergolong sukses, dengan meraih total pendapatan sebesar USD 1,1 miliar (Rp 10 triliun). Namun setelah mendapat reaksi bagus pada Spiderman 1 dan Sptderman 2, Raimi memperoleh kritik pada film ketiga yang cerita dan pengkarakterannya dianggap kurang kuat.(*)from.jpnn news